GEMA DZULHIJAH #KURBAN

•November 2, 2012 • Leave a Comment

By Dhani Al Banjary

#Kurban; disyariatkan pertamakali dlm sejarah manusia, Adam as. beserta keturunan pertamanya Habil wa Qabil. (Al Maidah;27). masing2 mmpersembahkn kurban terbaikx.yg mana saat itu;kurban Qabil trtolak.krn ia tak ikhlas&mnaruh dendam ats Habil(AlMaidah;27). perintah #Kurban itu sbg syarat utama u/ melangsungkan pernikahan, Adam as memerintah Habil menikahi Iklima, sedang Qabil menikahi Labuda. Perintah itu dtolak krn Qabil lebih mncintai Iklima. maka Allah menyuruh Adam as u/ menguji keduanya menyerahkan harta terbaik sbg #Kurban. Sebagai tanda diterimanya #kurban, ialah dengan kedatangan api dari langit lalu membakarnya.ternyata api menyambar hewan kurbannya Habil. Melihat demikian, Qabilpun marah&membunuh saudaranya itu.Berkata Habil, ‘Sesungguhnya Allah hanya menerima #kurban dari orang2 yg brtakwa’.

kisah Ibrahim yg brmimpi,mugkin tuips ud pd hapal.tp bayangkn saat itu ia tdk tahu apa yg kan trjadi saat benar2ber #Kurban putera trcinta. Anak itu, yg lama drinduknx, yg dia nanti dg harap dan mata gerimis di tiap doa, tiba-tiba dititahkan untuk dipisahkan dr dirix. Dulu ketika lahir dia dipisah dengan ditinggal di lembah Makkah yang tak bertanaman, tak berhewan, tak bertuan. Kini Isma’il harus dibunuh.Bukan oleh orang lain. Tapi oleh tangannya sendiri.Dibaringkanlah sang putera yang pasrah dalam taqwa. Dan ayah mana yang sanggup membuka mata ketika harus mengayau leher sang putera dengan pisau? Ibrahim as terpejam. Ayah mana yg sanggup mengalirkan darah di bawah kepala yang biasa dibelainya sambil tetap menatap wajah? Tidak. Ibrahim terpejam. Dan ia melakukannya! Ia melakukannya meski belum tahu bahwa seekor domba besar akan menggantikan sang korban. Yg dketahui saat itu bahwa ia dperintah Rabbx.adl ketika ia laksanakn printah Rabbx, mk Allah bsamax&alangkh cukup itu bagix.

So sobat blogger, qt dapatkn esensi dari ber #Kurban itu adl mmbunuh semua cinta selain cinta qt kepada Allah SWT. Dunia terutama. Ibrahim terlalu mencintai anaknya. Qabil terlalu mencintai Iklima. &Qt terlalu mencintai Harta, tahta, wanita, keluarga. semuax mmbuat qt lupa kpd Zat Yang Maha Memberi. Allah SWT. Nah dipesta akbar tahunan umat Islam ini. mimin ngajak tuips buat berkurban. Klo gabisa #Kurban sendiri, yah kurban 1 angkatan (patungan) gapp duehh. &itu sdh jadi agenda tahunan kita. itung2 latihan.🙂 Nah barang siapa yg udah mampu, hendaklah ber #Kurban. klo ndak mau, yah tunggu saja ni skrg hari H, siap2 dikurbankan.. hehehe🙂

u/ bsk, mimin mo memuliakan kambingnya dulu. krna banyak laporan terjadi praktik penyembeihan yg tidak ber’perikemanusiaan’ hewan. ada hewan yg ditarik2,dipaksa, dipukul2,dikasih liat temennya yg uda disembelih, bahkan adayg digorok ga mati2. nyiksa banget deh. ada tukang jagal yg ngasah pisau didpn kambingnya lgsg. yah beberapa kambing mengaku demikian. hehe. Nabi SAW menyuruh qt utk berlaku lemah lembut kpd hewan #Kurban, memuliakanx, memberikn fasilitas terbaik.pakan terbaik&perlakuan tbaik. maka hewan #Kurban hrs bnr2 merasa nyaman,dsembelih mati spt pinsan, walaupun pd akhirx bangun2 mrk sdh ada dikuali.hehe🙂 itu dulu y sobat blogger, hujan dsini mngakhiri kbersamaan kita|smg tahun dpn qt bs ber #Kurban dMakkah al mukarromah Aamiin.wass!🙂

FOOD TRAP

•November 2, 2012 • Leave a Comment

by Dhani Al Banjary

Kalau kt bicara dg bahasa pemburu, maka ‘jebakan’ (trap) adalah piranti utk menjerumuskan buruan kedlm perangkap tanpa ia sadari. Semakin canggih piranti tsb; kamuflase berlapis, pencitraan fatamorgana. Mk semakin tdk sadar bhwa ia slangkah demi slangkah msk perangkap. Apa betul sih #FoodTrap merupakan sebuah skenario kiamat-nya suatu bangsa? simak apa kata Prof.Eriyatno berikut;

“Indonesia bagaikan puteri jelita nan diminati banyak para rahwana dunia. Kekayaan alamnya melimpah dari minyak sampai tuna. Indonesia mjd mangsa segar pemasaran dr negara produsen&multi-national coorperation, shg dia diburu oleh pemburu kelas dunia. Para pemburu itu dg macam pirantinya terus merekayasa jebakan demi jebakan agar Dewi Shinta terperangkap dalam istana Dasamuka.”

Perang dingin memiliki catatan sejarah yg panjang, 4 periode berturut2 (1947-1991) diakhiri dg pecahnya negara2 uni soviet. knp? Membanjirnya gandum impor dari Kanada mengakibatkan Rusia mengalami kondisi #FoodTrap. Hal tersebut dimanfaatkan oleh AS cs memotong akses. Negara diambil alih oleh pasar, pemenuhan hak pangan makin tak bjalan, pasar tak punya ckp kearifan u/ mncukupi pangan masyarakat. Tentu ini bukan satu2nya penyabab kekalahan, masih ada yg lain, namun yg jadi pertanyaan apakah kita sudah masuk perangkap?. Menurut Prof.Eriyatno belum. yg terdeteksi baru kecenderungan. tetapi kecenderungan itu sudah separah apa? yuk melek data;

Tanpa kita sadari, negri pertiwi yang diklaim kaya sumber daya alam ini ternyata pangannya tergantung impor. Padahal, dari sisi produksi ya, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil sejumlah pangan utama dunia. peringkat 1-5. kt blm bisa keluar dr ketergantungan impor susu 70% dr kebutuhan, gula 30%, garam 50%, gandum 100%, kedelai 70%, daging sapi 30%. Juli 2011 BPS merilis produksi padi mencapai 68 juta ton gabah kering giling (GKG), lalu direvisi jadi hanya 65,4 juta ton. Dengan rendemen gabah 57 persen dan tingkat konsumsi 139 kg per kapita, masih ada surplus 3-3,5 juta ton beras. kalo surplus? knp ad aliran impor dr luar negeri? knp arus impor justru mngalir smakin deras? pengamat prtanian Khudori bilang;

Masalahx tdk pda surplus, tapi pda kebijakan yg tdk memihak. terutama kebijakan perdagangan, bersifat anomali & lebih pro-impor. Meskipun kebijakan itu dibungkus argumen untuk menambah dan menjaga stok pangan (beras) nasional, publik& petani, pasti bingung. Indonesia prcaya, perdagangan bebas memberi manfaat bagi masing2 negara lewat spesialisasi komoditas unggul. Itu hanya TEORI! Bagaimana mungkin produk kita bisa bersaing jika praktik liberalisasi ekonomi biaya tinggi masih mendera. Gmn bs jeruk Pontianak brsaing dg jeruk Cina, kalau ongkos angkut China-Jakarta lebih murah dr ongkos angkut Pontianak-Jakarta? Pemerintah amat agresif meliberalisasikan pasar dan perekonomian, tapi abai membangun jaring-jaring pengaman pasar. Rakyat, terutama petani, dibiarkan berjibaku cari selamat sendiri-sendiri. Hasilnya: banjir pangan impor.

beberapa upaya menahan #FoodTrap dpt diusulkan tanpa harus konfrontatif dg MNC food-producer atau bersaing bebas dg negara lain. Pemerintah sediakan anggaran u/ kampanye multimedia pangan tradisional yg sehat, murah & berbasis sumberdaya local. tingkatkan &kondisikan kita punya ribuan kapau padang &ratusanribu warteg. merekalah benteng terakhir ketahanan pangan nasional. tingkatkan R&D, mobilisasi pakar teknologi pangan yg menekuni pangan tradisional &yg selalu mengemukakan kepentingan nasional. Waspadai bantuan pangan dari internasional yg bs merubah kebiasaan pangan (food habit) shg tak terasa mciptakan ketergantungan.

Demi Indonesia, khoirunnaas anfa’uhum linnaas
Selamat hari pangan sedunia 16 Oktober 2012

 

Brawijaya Halal Food Club (UB-HFC)

•April 23, 2012 • 1 Comment

Sebuah perubahan besar yang akan digagas ditahun 2012. UB-HFC (UB – Halal Food Club) merupakan langkah nyata dalam mengawal terbentuknya Pusat Penelitian Pangan Haltob (Halal & Thoyiban) di FTP. UB-HFC 2012 adalah parade menuju MILAD FORKITA 14th dalam rangkaian Seminar Nasional & HALEX (Halal Exhibition). Mengundang tokoh2 Regional (Jatim – Malang) MUI, para akademisi, praktisi, peneliti, LSO, dan kalangan birokrasi.

Open Recruitment Panitia; Acara|Humdan|Transper|PDD|Konsumsi|

Daftarkan dirimu sekarang juga!
Syarat:
*Mahasiswa Muslim Aktif angkatan 2009-2011
*Memiliki kreatifitas, bekerja keras, dan loyalitas
*Bertanggung jawab dan berkeinginan kuat untuk memberikan hasil yg terbaik

Fasilitas yg didapatkan:
*Sertifikat Kepanitiaan
*Pengalaman dan Ilmu
*Teman serta pahala yang berlipat (QS. AsShaf: 10)

Informasi pendaftaran
*Seleksi dan wawancara: 24-25 April, informasi lanjut via sms setelah registrasi
*Registrasi: Pilihan1_Pilihan2_nama_jenis kelamin kirim ke 0857 9086 8465

Di antara kreatifitas adalah
engkau bersegera disaat orang lain ragu menunggu-nunggu
Ya, orang kreatif seperti engkaulah yg kami nanti 
 
Apa yang anda pikirkan, akan menjadi kata-kata. Apa yang anda katakan, akan menjadi tindakan. Apa saja tindakan anda akan menjadi kebiasaan. Apa kebiasaan anda, akan menjadi karakter. Bagaimana karakter anda, akan menjadi nasib.
_Out Flaw_ 
 
Tenggat waktu tidak menciptakan suasana kondusif bagi kreativitas karena Anda tidak memiliki waktu untuk memikirikan masalah secara mendalam. Sebagian besar ide justru muncul setelah Anda diberi cukup waktu untuk membiarkan benih ide itu ‘meresap’ ke dalam pikiran dan berkembang sampai matang.
_Mario Teguh_ #Mari jangan sia-siakan waktu 

Hari Bumi…saatnya kita beraksi

•April 22, 2012 • 1 Comment

download format MKTQ

•April 3, 2012 • Leave a Comment

download format penulisan MKTQ silahkan download disini

MTQ 2012

•April 3, 2012 • Leave a Comment

Bismillahhirrahmanirrahim,..

Berikut adalah informasi lanjutan terkait MTQ yang telah diinfokan sebelumnya yang berisikan penjelasan umum tiap cabang lomba meliputi tema atau materi untuk beberapa jenis lomba, dan juga waktu seleksi tingkat fakultas dan perlombaan tingkat universitas,.

Semoga bermanfaat,. Semoga dapat dipersiapkan dengan baik.. Amin,.

Dan bagi temen2 yang belum terdaftar secara resmi dan berminat untuk mengikuti, silakan mendaftar..

CP: 085731907621

 

 

PENJELASAN UMUM TIAP CABANG

1.       Musabaqah  Tilawah al-Quran

–          Jenis musabaqah membaca al-Quran dengan bacaan mujawwad, yaitu bacaan al-Qur’an yang mengandung nilai ilmu baca (tajwid), seni lagu (lagu dan suara) dan etika (adab) membaca sesuai dengan pedoman yang berlaku.

–          Bacaan yang dimusabaqahkan adalah qira’at Imam Ashim riwayat Hafs dengan martabat Mujawwad

–          Maqra’ (materi bacaan) dari juz 1-30, pada saat penampilan peserta membaca mushaf bukan dihafal seperti berlaku pada MTQ yang dilaksanakan oleh LPTQ.

2.       Musabaqah Tartil al-Quran

–          Jenis musabaqah membaca al Quran dengan bacaan tartil (tadarrus), yaitu bacaan al-Quran engan bacaan sedang (tidak terlalu perlahan an tidak terlalu cepat) an mengikutiii kaiah-kaidah ilmu bacaan (tajwid), mengikuti seni (lagu dan suara) murattal dengan etika (adab) membaca sesuai dengan pedoman yang berlaku.

–          Bacaan yang dimusbaqahkan adalah qira’at Imam Ashim riwayat hafs dengan Martabat Murattal

–          Pada saat penampilan peserta membaca mushaf bukan dihafal
3.       Musabaqah Hifzhil Quran

–          Cabang musabaqah mengahafal alQuran dengan bacaan murattaldan menggunakan qira’at Imam ‘Ashim riwayat Hafs serta Mushaf Bahriah (Alqur’an pojok)

–          Materi pertanyaan yang diambil untuk 1 juz adalah juz 1 atau juz 30, adapun untuk 2 juz adalah juz 2 dan juz 3.

4.       Musbaqah Fahmil Quran

–          Jenis musabaqah pemahaman/pendalaman al-Qur’an dengan penekanan pada pengungkapan ilmu al-Qur’an dan pemahaman kandungan ayat dalam bentuk cerdas cermat

–          Peserta tiap regu terdiri dari 3 orang dengan 1 orang juru bicara dan dua orang pendamping

–          Materi pokok adalah materi kuliah pendidikan agama islam di Perguruan Tinggi yang meliputi aqidah, syariah, akhlak, ulumul Quran, islam dan kemasyararakatan, lingkungan hidup, kependudukan, kesejahteraan, kerukunan, ilmun pengetahuan dan teknologi, dll.

–          Materi tambahan meliputi ilmu tajwid, menerjemahkan ayat, menjelaskan/mensyarahkan ayat, ilmu tafsir, kisah-kisah dalam al-Quran, sejarah islam (tarikh), sejarah perkembangan islam di Indonesia, dll

5.       Musabaqah Syrahil Quran

–          Jenis musabaqah yang mengungkapkan isi kandungan al-Quran dengan cara menampilkan bacaan, puitisasi/terjemah dan uraian yang menunjukkan kesatuan yang serasi

–          Peserta adalah 3 orang yang terdiri dari seorang pembaca ayat, seorang pembaca terjemah/puitisasi, dan seorang lagi pengungkap isi kandungan al-Qur’an

–          Komposisi peserta tidakterikat jenis kelamin

–          Materi musabaqah adalah berbagai topik yang memiliki landasan ayat-ayat al-Quran terdiri atas: Akidah, ibadah, akhlaq, dan mu’amalah / kemasyarakatan. Continue reading ‘MTQ 2012’

Fluoride Investigation

•April 1, 2012 • 1 Comment

66% sumber air minum bagi masyarakat Amerika dicampur dengan bahan flouride. Bahan itu diketahui memiliki pengaruh buruk terhadap munculnya kanker tulang, masalah persendian, tulang rapuh, turunnya kadar estrogen dan testosteron. Dan masalah kerusakan gigi –yaitu menguning dan terkorosinya enamel gigi. Bukankah sangat lebih masuk akal untuk mencampuri sumber air minum masyarakat dengan vitamin yang jika dimasukkan ke dalam tubuh akan meningkatkan stamina dan kesehatan? daripada memasukkan bahan kimia beracun ke dalam sumber air minum kita? dengan berbagai penjelasan palsu, bahwa hal tersebut bisa meningkatkan kesehatan gigi kita? Continue reading ‘Fluoride Investigation’